1.
Pengertian Etika dan Profesionalisme
1.1
Pengertian Etika
Pengertian
Etika (Etimologi), berasal dari bahasa Yunani, Ethos, yang berarti watak
kesusilaan atau adat kebiasaan. Dapat dikatakan bahwa etika merupakan ilmu
pengetahuan yang membahas perbuatan baik dan buruk manusia sejauh yang dapat
dipahami oleh pikiran manusia.
Macam-macam etika :
1. Etika Deskriptif
Etika
yang menelaah secara kritis dan rasional tentang sikap dan perilaku manusia,
serta apa yang dikejar oleh setiap orang dalam hidupnya sebagai sesuatu yang
bernilai. Artinya etika deskriptif berbicara mengenai fakta secara apa adanya,
yakni mengenai nilai dan perilaku manusia sebagai suatu fakta yang terkait
dengan situasi dan realitas yang membudaya. Dapat disimpulkan bahwa tentang
kenyataan dalam penghayatan nilai atau tanpa nilai dalam suatu masyarakat yang
dikaitkan dengan kondisi tertentu memungkinkan manusia dapat bertindak secara
etis.
2. Etika Normatif
Etika
yang menetapkan berbagai sikap dan perilaku yang ideal dan seharusnya dimiliki
oleh manusia atau apa yang seharusnya dijalankan oleh manusia dan tindakan apa
yang bernilai dalam hidup ini. Jadi, etika normatif merupakan norma-norma yang
dapat menuntun agar manusia bertindak secara baik dan menghindarkan hal-hal
yang buruk, sesuai dengan kaidah atau norma yang disepakati dan berlaku di
masyarakat.
1.2
Pengertian Profesionalisme
Profesionalisme
berasal dari kata profesional yang mempunyai makna berhubungan dengan
profesi dan memerlukan kepandaian khusus untuk menjalankannya, (KBBI, 1994).
Sedangkanprofesionalisme itu sendiri adalah tingkah laku, keahlian atau
kualitas dan seseorang yang profesional (Longman, 1987).
Secara umum ciri-ciri
profesionalisme pada bidang informasi teknologi ( IT ) adalah :
· Memiliki
kemampuan dan ketrampilan dalam bidang pekerjaan IT.
· Memiliki
wawasan yang luas.
· Memiiliki
kemampuan dalam analisa dan tanggap terhadap masalah yang terjadi.
· Mampu
berkerjasama dan dapat menjalin hubungan baik dengan rekan-rekan kerja
· Dapat
menjaga kerahasian dari sebuah data dan informasi
· Dapat
menjunjung tinggi kode etik dan displin etika.
2. Etika dan Profesionalisme Pada
Grabbike
2.1
Etika Pada Grabbike
- Tidak mencurangi sistem GrabBike untuk mendapatkan bonus atau incentive GrabBike dengan cara apapun.
- Tidak menggunakan smartphone (akun penumpang) dari Grab Bikers lainnya
- Tidak menggunakan kendaraan yang tidak terdaftar di Grab Bikeuntuk menjemut penumpang
- Tidak mengizinkan orang lain untuk menggunakan akun Grab Bikers dengan / tanpa smarthphone , menggunakan sim Grab Bikers yang bersangkutan atau bahkan menggunakan motor Grab Bikers tanpa pemberitahuan pihak Grab Bike (Data Bikers di Aplikasi berbeda dengan yang menjemput)
- Tidak menggunakan akun Grab Bikers lainnya dengan / tanpa smarthphone , menggunakan sim Grab Bikers yang bersangkutan atau bahkan menggunakan motor Grab Bikers tanpa pemberitahuan atau lapor pihak Grab Bike (Data Bikers di Aplikasi berbeda dengan yang menjemput)
- Tidak mengirimkan SMS atau menelepon secara tidak pantas kepada penumpang
- Tidak memiliki akun applikasi online serupa dengan GrabBike
- Tidak menyebarkan informasi / berita yang tidak benar sehingga menimbulkan keresahaan bagi driver lain baik melalui media online ataupun cetak
2.2
Profesionalisme Pada Grabbike
- Memiliki kemampuan untuk menggunakan aplikasi Grabbike
- Memiliki kemampuan yang sesuai dengan persyaratan menjadi driver
- Mampu berkerjasama dan dapat menjalin hubungan baik dengan rekan-rekan kerja
- Mampu memberikan pelayanan yang baik untuk pelanggan
- Mampu menjaga kerahasiaan data perusahaan, data pelanggan dan data lainnya
- Mematuhi kode etik dan disiplin etika
3.
Layanan Pada Aplikasi Grabbike
3.1
Layanan Yang Disediakan Pada Aplikasi Grab
1.
Layana
GrabTaxi
Tersedia sebagai layanan yang
membantu penumpang menemukan pengemudi taksi terdekat pada aplikasi Grab
2.
Layanan
GrabCar
Tersedia sebagai layanan yang
membantu penumpang menemukan mobil terdekat pada aplikasi Grab
3.
Layanan
GrabBike
Tersedia
sebagai layanan yang membantu penumpang menemukan pengendara ojek terdekat pada
aplikasi Grab
5.
Layanan
GrabExpres
Tersedia sebagai layanan yang
membantu pelanggan mendapatkan biker terdekat untuk melakukan jasa pengiriman
barang pada aplikasi Grab
3.2
Grabbike Untuk Driver
Penjelasan penggunaan :
1. Mulai
Buka aplikasimu untuk mulai mendapat pekerjaan
2. Terima pekerjaan
Terima pekerjaan untuk mendapatkan informasi akan penumpang yang akan dijemput
3. Penjemputan penumpang
Navigasi menggunakan sistem GPS memberikan informasi lengkap dimana penumpang harus dijemput
4. Penurunan penumpang
Klik penurunan penumpang ‘Drop Off’ setelah kamu tiba di tujuan dan mengoleksi biaya perjalanan
3.3 Grabbike Untuk Pelanggan
Pada aplikasi akan di sediakan fitur untuk melakukan pencarian driver terdekat sesuai lokasi pelanggan dan nantinya akan ada konirmasi dari driver yang siap menjemput pelanggan.
Tampilan aplikasi
Tata cara pemesanan :
1.
Pesan kendaraan dengan mudah!
Lokasimu akan terdeteksi secara
otomatis, lalu masukkan tujuan untuk dapatkan info biaya perjalanan.
2.
Mendapatkan pengemudi terdekat
Setelah mengkonfirmasi pesanan,
pengemudi yang terdekat akan terinfo dan kamu dapat lihat konfirmasi mereka
secara langsung.
3.
Pengemudi yang terpilih
Hore! Kamu akan dapatkan
konfirmasi akan pengemudi yang akan menjemput dalam satu menit.
4.
Lacak pengemudi kamu
Kenali pengemudimu, lacak ketika
dia menuju lokasimu, dan bagi info kepada yang terkasih untuk ikut melacak
perjalanan kamu.
Sumber :
No comments:
Post a Comment