Friday 17 June 2016

ULASAN TEKNIS APLIKASI GRAB

UMUM

Dengan alasan dan  landasan untuk memajukan transportasi di Asia Tenggara, kami berniat untuk merintis aplikasi pemesanan layanan  transportasi secara online, dan usaha kami tersebut kami beri nama atas kesepakatan bersama, yaitu: Grab. Dengan harapan pelanggan dengan  mudah memesan layanan transportasi online dan mendapatkan pengalaman perjalanan yang nyaman,aman dan menyenangkan.

MAKSUD DAN TUJUAN

Maksud
Maksud dari pekerjaan ini secara ringkas dapat diuraikan sebagai berikut:
Maksud dalam  pekerjaan ini adalah untuk mempermudah pengguna mencari transportasi yang aman dan nyaman.

Tujuan
       Aplikasi layanan pemesanan transportasi secara online ini cukup menjanjikan, karena keuntungan yang didapat cukup besar. Kami menawarkan dan memberikan kemudahan bagi para pengguna dengan  memberikan tarif yang murah namun tetap memperhatikan keselamatan kenyamanan serta kepuasan bagi para pengguna, Dengan usaha ini diharapkan dapat memberikan keuntungan.


FORMAT USULAN TEKNIS

Rangkaian dari usulan dokumen Teknis ini terdiri dari beberapa bagian diantaranya sebagai berikut  :

I. PENDAHULUAN

Layanan pemesanan transportasi secara online saat ini mempunyai peranan penting dalam perkembangan zaman seiring berkembangnya teknologi. Salah satu pendukung perkembangan transportasi adalah dengan adanya aplikasi yang menyediakan menu pemesanan transportasi secara online yang terdiri dari taksi, mobil, motor serta pegiriman paket. Menu ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna .

            Dari uraian diatas maka sangat potensial bila kami untuk mengembangkan sebuah aplikasi yang menyediakan jasa pemesanan transportasi online, karna banyak dari masyarakat sangat membutuhkan transportasi yang nyaman dan mudah dipesan secara online. Dalam  membangun  aplikasi ini, kami mempunyai tanggung jawab yang besar terhadap kenyamanan, dan kepuasan  para penggun. Pengguna aplikasi sebagai konsumen wajib mendapatkan pelayanan yang baik dari para driver yang sudah terlatih. Dari sinilah dapat dilihat bagaimana fasilitas dan fitur yang disediakan aplikasi dalam  memberikan pelayanan terhadap para pengguna, sebab bentuk usaha apapun pasti memiliki risiko dalam menjalaninya.

            Dengan alasan dan  landasan tersebut kami berniat untuk merintis aplikasi layanan pemesanan transportasi secara online, dan usaha kami tersebut kami beri nama atas kesepakatan bersama, yaitu: Grab Dengan harapan pelanggan akan mendapatkan kemudahan untuk melakukan pemesanan  transportasi dan mendapatkan pengalaman yang menyenangkan selama perjalanan.

A.  Profil dan Pengalaman Kerja
Nama Usaha    : Grab
Jenis Usaha     : Layanan Transportasi Online

Visi, Misi dan Tujuan Usaha
Visi Grab adalah untuk “Menjadi yang terdepan di Asia Tenggara” dengan memecahkan permasalahan transportasi yang ada serta memberikan kemudahan mobilitas pada 620 juta orang di Asia Tenggara setiap harinya.

Untuk mencapai visi tersebut, kami memiliki 3 misi:

  • Membuat platform transportasi yang paling aman.

Keselamatan merupakan hal terpenting bagi kami. Kami menginvestasikan besar melalui pelatihan keamanan pada para pengemudi, fitur aplikasi seperti pelindung nomor telepon, pendidikan keamanan, serta kerjasama dengan pemerintah. Kami meyakini bahwa platform transportasi berbasis aplikasi dengan investasi yang tepat mampu membentuk pelayanan transportasi yang terbaik di Asia Tenggara.

  • Membuat semua orang dapat mengakses pelayanan transportasi yang baik.

Tujuan kami adalah  membuat  layanan transportasi dapat diakses kapan saja, dimana saja, dan memiliki standar harga yang terjangkau untuk setiap wilayah. Kami percaya bahwa layanan transportasi pintu ke pintu merupakan layanan transportasi yang tepat untuk masyarakat di Asia Tenggara, terlepas dari pendapatan, kebutuhan, usia, dan lokasi. Kami selalu siap melayani setiap kalangan.
  • Meningkatkan taraf hidup mitra kami.

Kami percaya bahwa bisnis yang berkembang tidak hanya menguntungkan satu pihak, akan tetapi menguntungkan pihak lain juga, seperti meningkatkan kesejahteraan orang yang ikut serta dalam perkembangan bisnis ini seperti - penumpang, pengemudi, pemerintah dan masyarakat luas.

Fasilitas

Aplikasi Grab menawarkan 5 pilihan layanan transportasi mulai dari taksi, mobil pribadi, sepeda motor hingga pengiriman paket untuk memenuhi kebutuhan penumpang di Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, Vietnam dan Indonesia.
  • GrabTaxi       : Layanan taksi premium dengan jaringan terluas di Asia Tenggara.
  • GrabCar        : Layanan transportasi untuk mereka yang memilih kenyamanan berkendara layaknya menggunakan mobil pribadi.
  • GrabBike       : Sebuah alternatif layanan transportasi untuk mereka yang ingin lebih cepat dan aman sampai ke tujuan.
  • GrabExpress : Layanan pengiriman paket yang cepat, aman dan terpercaya.

II. PEMAHAMAN KERANGKA ACUAN KERJA

Layanan jasa transportasi online saat ini mempunyai peran penting dalam perkembangan zaman. Salah satu pendukung perkembangan tranportasi online adalah dengan adanya berbagai aplikasi yang menyediakan menu pencarian driver tranportasi dan pemesanannya sesuai dengan fasilitas yang disediakan. Menu pilihan ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan dari user sendiri.

Dari uraian diatas maka sangat potensial bila kami untuk mengembangkan sebuah aplikasi yang menyediakan jasa transportasi online, karna banyak dari masyarakat sangat menyukai pemesanan berbasis online karena fiturnya yang mudah digunakan dan prosesnya yang cepat. Dalam  membangun  aplikasi transportasi  ini, mempunyai tanggung jawab yang besar terhadap kenyamanan, dan kepuasan  para pengguna aplikasi tranportasi. Pengguna aplikasi transportasi sebagai konsumen wajib mendapatkan pelayanan dan jasa yang baik dalam pelayanan  transportasi tersebut. Dari sinilah dapat dilihat bagaimana fasilitas dan fitur aplikasi Transportasi dalam  menangani pelayanan terhadap para calon  pemesan.  Sebab bentuk usaha apapun pasti memiliki risiko dalam menjalaninya.

Dengan alasan dan  landasan tersebut kami berniat untuk merintis aplikasi transportasi, dan usaha kami tersebut kami beri nama atas kesepakatan bersama, yaitu:Grab. Dengan harapan pelanggan akan tertarik untuk memesan layanan transportasi online dengan menggunakan jasa apliaksi transportasi  online kami dengan perasaan aman dan nyaman dalam perjalanan.

A. Tanggapan Terhadap Kerangka Acuan Kerja

Tanggapan terhadap Kerangka Acuan Tugas (Term of Reference ) ini dimaksudkan untuk memberikan koreksi dan untuk mengetahui tingkat kedalaman pemahaman terhadap Kerangka Acuan Tugas oleh Konsultan sehingga dalam pelaksanaan pekerjaan sesuai dengan yang diharapkan oleh pemberi pekerjaan dan dapat diselesaikan tepat pada waktunya.

Tugas Konsultan Perencana Teknis dalam setiap Kegiatan, seperti halnya Pembangunan pemilihan paket liburan, memegang peranan yang sangat penting.  Karena didalam Konsultan Perencana tersebut berlangsung proses koordinasi, komunikasi dan kontrol/ pengendalian baik terhadap kerekayasaan, waktu, mutu maupun biaya.

B. Pendekatan dan Metodelogi

Seperti yang telah kami pelajari dari kegiatan-kegiatan yang diuraikan di dalam Kerangka Acuan Tugas (KAT), kami dapat merumuskan tentang langkah-langkah pendekatan dan metodologi yang paling efektif untuk diterapkan pada proyek ini.

Hal-hal utama tersebut dapat disimpulkan sebagai berikut  :
  • Memberikan semua jasa Perencana sesuai RKS dan mengusahakan dengan cara sedemikian rupa diperoleh hasil yang terbaik.
  • Melakukan perencanaan biaya kegiatan dan mengusahakan kemungkinan bisa diperoleh penghematan biaya kegiatan.
  • Merencanakan pekerjaan dan menciptakan metode-metode dan tehnik penjadwalan untuk mendapatkan penghematan waktu.
  • Menitik beratkan pada pelaksanaan program perencanaan mutu secara efektif.
  • Menjalin kerjasama yang baik dengan Instansi Terkait dalam membantu memecahkan masalah-masalah dan mendayagunakan struktur organisasi.


III. APLIKASI DAN IMPLEMENTASI

Mengkalkulasi biaya berdasarkan jarak yang ditempuh sesuai dengan tujuan dan lokasi akan terdeteksi secara otomatis

A. Rencana Kerja
Aplikasi terhubung dengan GPS smartphone untuk mengetahui lokasi pengguna, dan cukup akurat sehingga memudahkan bagi pengguna maupun biker untuk mengetahui lokasinya.

B. Jadwal Pelaksanaan Pekerjaan
Mengkonfirmasi pesanan, biker yang terdekat akan terinfo dan pegguna dapat lihat konfirmasi mereka secara langsung.

C.Tenaga Ahli dan Tanggung Jawab
Menguraikan tentang Tugas dan Tanggung Jawab Tenaga Ahli dan Tenaga Teknis serta pengguna akan lebih cepat menuju tujuan yang diminati karena dengan menggunakan kendaraan roda dua, akan memudahkan menerjang kemacetan yang terjadi dan lebih cepat untuk melintasi kondisi perjalanan yang tak diinginkan.

D. Jadwal Penugasan Tenaga Ahli
Profile biker atau ojek telah terdaftar lebih dahulu dalam database perusahaan dan menggunakan atribut lengkap serta memiliki catatan perjalanan yang tak diragukan. Pelanggan akan mendapatkan konfirmasi biker yang akan menjemput dalam satu menit.

E. Organisasi Pelaksanaan Pekerjaan
Berisikan Struktur Organisasi Konsultan dengan Tenaga Ahli yang diusulkan untuk pekerjaan ini, serta Struktur Organisasi Pelaksanaan Pekerjaan.

F. Pelaporan
Menguraikan tentang produk hasil akhir laporan pelaksanaan pekerjaan, jumlah buku baik asli maupun copy.

G. Staff Pendukung
Berisi tentang uraian staff pendukung yang dibutuhkan tenaga ahli dalam memperlancar tugasnya seperti administrasi maupun bantuan operator secara teknis.

H. Penutup
Pengantar akhir dari Usulan Teknis.

I. Lampiran-lampiran
Merupakan data-data perusahaan yang berkaitan dengan pengalaman perusahaan dalam melaksanakan pekerjaan sejenis selama kurung waktu yang sudah di tentukan.
Menguraikan tentang daftar riwayat hidup dan kemampuan personil untuk menangani pekerjaan, yang meliputi posisi, Jumlah Orang, Jenis Pekerjaan, pengalaman Tenaga Ahli dengan dilampiri copy Ijazah Legalisir.

J. Team Konsultan
Agar konsumen / user  mendapatkan pilihan paket wisata dan dapat dipertanggung jawabkan, aplikasi menawarkan pilihan agar user lebih mudah memutuskan pilihan.

Team yang disusun diharapkan dapat melaksanakan pekerjaan tersebut dan memenuhi persyaratan dalam KAT sehingga kualifikasi Tenaga Ahli yang diusulkan melebihi dari yang minimal disyaratkan.

No comments:

Post a Comment