Friday 1 April 2016

Etika dan Profesionalisme TSI Pada GrabBike

1. Pengertian Etika dan Profesionalisme
1.1 Pengertian Etika
Pengertian Etika (Etimologi), berasal dari bahasa Yunani, Ethos, yang berarti watak kesusilaan atau adat kebiasaan. Dapat dikatakan bahwa etika merupakan ilmu pengetahuan yang membahas perbuatan baik dan buruk manusia sejauh yang dapat dipahami oleh pikiran manusia.
Macam-macam etika :
1. Etika Deskriptif
Etika yang menelaah secara kritis dan rasional tentang sikap dan perilaku manusia, serta apa yang dikejar oleh setiap orang dalam hidupnya sebagai sesuatu yang bernilai. Artinya etika deskriptif berbicara mengenai fakta secara apa adanya, yakni mengenai nilai dan perilaku manusia sebagai suatu fakta yang terkait dengan situasi dan realitas yang membudaya. Dapat disimpulkan bahwa tentang kenyataan dalam penghayatan nilai atau tanpa nilai dalam suatu masyarakat yang dikaitkan dengan kondisi tertentu memungkinkan manusia dapat bertindak secara etis.
2. Etika Normatif
Etika yang menetapkan berbagai sikap dan perilaku yang ideal dan seharusnya dimiliki oleh manusia atau apa yang seharusnya dijalankan oleh manusia dan tindakan apa yang bernilai dalam hidup ini. Jadi, etika normatif merupakan norma-norma yang dapat menuntun agar manusia bertindak secara baik dan menghindarkan hal-hal yang buruk, sesuai dengan kaidah atau norma yang disepakati dan berlaku di masyarakat.

1.2 Pengertian Profesionalisme
Profesionalisme berasal dari kata profesional yang mempunyai makna berhubungan dengan profesi dan memerlukan kepandaian khusus untuk menjalankannya, (KBBI, 1994). Sedangkanprofesionalisme itu sendiri adalah tingkah laku, keahlian atau kualitas dan seseorang yang profesional (Longman, 1987).
Secara umum ciri-ciri profesionalisme pada bidang informasi teknologi ( IT ) adalah :
·      Memiliki kemampuan dan ketrampilan dalam bidang pekerjaan IT.
·      Memiliki wawasan yang luas.
·      Memiiliki kemampuan dalam analisa dan tanggap terhadap masalah yang terjadi.
·      Mampu berkerjasama dan dapat menjalin hubungan baik dengan rekan-rekan kerja
·      Dapat menjaga kerahasian dari sebuah data dan informasi

·      Dapat menjunjung tinggi kode etik dan displin etika.

2. Etika dan Profesionalisme Pada Grabbike
2.1 Etika Pada Grabbike
  1. Tidak mencurangi sistem GrabBike untuk mendapatkan bonus atau incentive GrabBike dengan cara apapun.
  2. Tidak menggunakan smartphone (akun penumpang) dari Grab Bikers lainnya
  3. Tidak menggunakan kendaraan yang tidak terdaftar di Grab Bikeuntuk menjemut penumpang
  4. Tidak mengizinkan orang lain untuk menggunakan akun Grab Bikers dengan / tanpa smarthphone , menggunakan sim Grab Bikers yang bersangkutan atau bahkan menggunakan motor Grab Bikers tanpa pemberitahuan pihak Grab Bike (Data Bikers di Aplikasi berbeda dengan yang menjemput)
  5. Tidak menggunakan akun Grab Bikers lainnya dengan / tanpa smarthphone , menggunakan sim Grab Bikers yang bersangkutan atau bahkan menggunakan motor Grab Bikers tanpa pemberitahuan atau lapor pihak Grab Bike (Data Bikers di Aplikasi berbeda dengan yang menjemput)
  6. Tidak mengirimkan SMS atau menelepon secara tidak pantas kepada penumpang
  7. Tidak memiliki akun applikasi online serupa dengan GrabBike
  8. Tidak menyebarkan informasi / berita yang tidak benar sehingga menimbulkan keresahaan bagi driver lain baik melalui media online ataupun cetak

2.2 Profesionalisme Pada Grabbike
  1. Memiliki kemampuan untuk menggunakan aplikasi Grabbike
  2. Memiliki kemampuan yang sesuai dengan persyaratan menjadi driver
  3. Mampu berkerjasama dan dapat menjalin hubungan baik dengan rekan-rekan kerja
  4. Mampu memberikan pelayanan yang baik untuk pelanggan
  5. Mampu menjaga kerahasiaan data perusahaan, data pelanggan dan data lainnya
  6. Mematuhi kode etik dan disiplin etika

3. Layanan Pada Aplikasi Grabbike
3.1 Layanan Yang Disediakan Pada Aplikasi Grab
1.      Layana GrabTaxi
Tersedia sebagai layanan yang membantu penumpang menemukan pengemudi taksi terdekat pada aplikasi Grab
2.      Layanan GrabCar
Tersedia sebagai layanan yang membantu penumpang menemukan mobil terdekat pada aplikasi Grab
3.      Layanan GrabBike
     Tersedia sebagai layanan yang membantu penumpang menemukan pengendara ojek terdekat pada aplikasi Grab
5.      Layanan GrabExpres
Tersedia sebagai layanan yang membantu pelanggan mendapatkan biker terdekat untuk melakukan jasa pengiriman barang pada aplikasi Grab

3.2 Grabbike Untuk Driver
  
  
 


Penjelasan penggunaan :

1. Mulai
    Buka aplikasimu untuk mulai mendapat pekerjaan
2. Terima pekerjaan
    Terima pekerjaan untuk mendapatkan informasi akan penumpang yang akan dijemput
3. Penjemputan penumpang
  Navigasi menggunakan sistem GPS memberikan informasi lengkap dimana penumpang harus  dijemput
4. Penurunan penumpang
Klik penurunan penumpang ‘Drop Off’ setelah kamu tiba di tujuan dan mengoleksi biaya perjalanan

3.3 Grabbike Untuk Pelanggan
            Pada aplikasi akan di sediakan fitur untuk melakukan pencarian driver terdekat sesuai lokasi pelanggan dan nantinya akan ada konirmasi dari driver yang siap menjemput pelanggan.
Tampilan aplikasi






Tata cara pemesanan :
1. Pesan kendaraan dengan mudah!
Lokasimu akan terdeteksi secara otomatis, lalu masukkan tujuan untuk dapatkan info biaya perjalanan.
2. Mendapatkan pengemudi terdekat
Setelah mengkonfirmasi pesanan, pengemudi yang terdekat akan terinfo dan kamu dapat lihat konfirmasi mereka secara langsung.
3. Pengemudi yang terpilih
Hore! Kamu akan dapatkan konfirmasi akan pengemudi yang akan menjemput dalam satu menit.
4. Lacak pengemudi kamu
Kenali pengemudimu, lacak ketika dia menuju lokasimu, dan bagi info kepada yang terkasih untuk ikut melacak perjalanan kamu.

Sumber :

No comments:

Post a Comment