Setiap perusahaan menggunakan sistem pemasaran yang berbeda
tergantung kebutuhan dari perusahaan tersebut. Secara teoritik, kebijakan yang
ditentukan oleh perusahaan dalam memasarkan hasil produksinya adalah kombinasi
dari empat bagian pemasaran yang dikenal dengan marketing mix. Menurut Basu
Swastha dan Irawan (2002:78): “Marketing Mix adalah kombinasi dari empat variabel yang
merupakan inti dari sistem pemasaran yaitu produk, struktur harga, kegiatan
promosi, dan sistem distribusi”. Kegiatan yang dimaksudkan yaitu: produk,
harga, distribusi dan promosi. Salah satu unsur kegiatan dari ke empat variabel
disamping produk, distribusi dan promosi adalah harga. Harga sangat berpengaruh
dalam tingkat penjualan, karena meskipun produk sudah ditawarkan dengan baik,
namun jika tidak disertai dengan harga yang sesuai penjualan tidak akan
meningkat.
Definisi harga menurut M. Fuad dan
Christine (2001 :129) : “Harga adalah sejumlah kompensasi (uang maupun barang)
yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi barang atau jasa”. Dari
definisi tersebut harga adalah sejumlah uang yang harus dibayar oleh konsumen
untuk mendapatkan suatu produk. Sedangkan definisi penjualan menurut Basu (2001
: 8) : “Penjualan merupakan ilmu seni mempengaruhi pribadi yang dilakukan oleh
penjual untuk mengajak orang lain agar bersedia membeli barang atau jasa yang
ditawarkan”. Dari definisi tersebut penjualan adalah kegiatan yang dilakukan
penjual untuk menjual suatu produk kepada pembeli. Dari ke dua definisi
tersebut harga sangat berpengaruh terhadap penjualan, karena sebelum melakukan
penjualan salah satu hal yang harus dilakukan oleh perusahaan adalah menentukan
harga jual suatu produk sesuai dengan biaya produksi, kualitas produk, laba
yang diinginkan dan kemampuan pembeli.
Banyak jurnal yang telah membahas pengaruh
harga terhadap penjualan. Penelitian dilakukan untuk mengetahui persentase
pengaruh harga terhadap penjualan produk suatu perusahaan. Devita Widya
Ariyanti telah melakukan penelitian mengenai pengaruh kualitas pelayanan,
harga, dan promosi terhadap volume penjualan pada pelanggan Pizza Hut di Solo.
Hasil penelitian menyatakan bahwa, harga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap
volume penjualan sehingga pihak Pizza Hut dalam penentuan harga telah memperhatikan
kesesuaian harga yang ditawarkan dengan menu yang disajikan serta kemudahan
dalam melakukan pembayaran. Dari penelitian tersebut terbukti adanya pengaruh
harga terhadap penjualan.
Sumber
:
Basu
Swastha dan Irawan. 2002. Manajemen Pemasaran Modern . Yogyakarta :
Liberty Offset.
Fuad,
M dan Christine.2001. Pengantar Bisnis .
Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.
Devita
Widya Ariyanti.2014. Pengaruh Kualitas
Pelayanan, Harga, dan Promosi Terhadap Volume Penjualan pada Pelanggan Pizza
Hut di Solo. Fakultas Ekonomi dan
Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta.
No comments:
Post a Comment