Monday 20 July 2015

TUGAS 5 BAHASA INDONESIA 2 : PERTUMBUHAN EKONOMI DI INDONESIA

            Pertumbuhan ekonomi merupakan perkembangan kegiatan dalam perekonomian yang menyebabkan barang dan jasa yang diproduksi dalam masyarakat bertambah dan kemakmuran masyarakan menjadi meningkat (Pujoalwanto,2014 : 87). Pertumbuhan ekonomi suatu negara menunjukan tingkat kesejahteraan rakyatnya. Untuk melindungi kesejahteraan rakyatnya suatu negara harus mampu meningkatkan pertumbuhan ekonominya dari waktu ke waktu. Segala upaya dilakukan oleh negara tersebut untuk meningkatkan produksi barang dan jasa.
            Indonesia sebagai salah satu negara yang memiliki penduduk terbanyak di dunia serta berbagai potensi sumber daya alam yang tersedia, diharapkan mampu meningkatkan pertumbuhan ekonominya dengan persentase yang cukup tinggi. Dua sektor penentu pertumbuhan ekonomi Indonesia adalah pertanian dan industri. Indonesia memiliki basis pertanian yang signifikan, namun sumbangannya terhadap PBD lebih rendah dibandingkan dengan sektor industri pengolahan(Pujoalwanto,2014 :91). Semakin banyak perusahan industri di Indonesia diharapkan mampu menambah nilai sektor lapangan usaha dan semakin baik memberi sumbangan terhadap PDB.
            Pada tahun 2015 ini Indonesia menunjukan kemampuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonominya. Di kutip dari liputan6.com bahwa Bank Indonesia (BI) memprediksi pertumbuhan ekonomi di Indonesia pada kuartal I dan II 2015 akan mencapai level sedikit di atas 5 persen. Pertumbuhan ekonomi tersebut akan diiringi dengan terkendalinya laju inflasi sampai dengan akhir tahun ini. Dari hasil survei Minggu I 2015, inflasi April akan ada di kisaran 0,35 persen sampai 0,45 persen. Dipengaruhi banyak faktor, diantaranya administer prices termasuk transportasi dalam kota, harga BBM dan tarif kereta api.

Daftar Pustaka
Pujoalwanto,Basuki. 2014. Perekonomian Indonesia; Tinjauan Historis, Teoritis dan Empiris. Yogyakarta : Graha Ilmu.

liputan6.com . Fiki Ariyanti . BI Ramalkan Ekonomi RI Tumbuh 5% di Kuartal I 2015 . 10 April 2015.

1 comment: