Saturday 3 January 2015

KEBIASAAN BURUK SAAT LIBUR

Hai bagimana dengan liburannya, tidak terasa liburan mulai berakhir sekarang. Mulai minggu depan siswa-siswi sekolah mulai masuk semester genap, para karyawan kantor ataupun pekerja yang lainya sudah mulai bekerja normal setelah libur akhir tahun begitu pula para mahasiswa yang mulai kuliah seperti biasa. Pada postingan kali ini saya akan membahas mengenai kebiasaan buruk yang dilakukan saat liburan yang tanpa kita sadari masih terus terbawa sampai liburan usai bahkan mengganggu aktifitas kita.



Berikut beberapa hal yang berhasil saya temukan dari berbagai sumber.

Tidur Terlalu Malam alias Begadang

Begadang adalah hal yang sangat sering dilakukan saat musim liburan tiba. Apalagi alasannya kalau bukan “besokkan libur.” Yah, kegiatan semacam ini sebenarnya kurang bermanfaat bila apa yang kita lakukan hanya menonton film favorit semalaman suntuk sampai pagi. Karena saat begadang sebenarnya tubuh kita tetap bekerja, jadi banyak kemungkinan kita akan lapar saat malam tiba. Lalu kita memutuskan untuk makan malam. Ingatlah, makan sebelum tidur hanya akan membuat tubuh kita semakin menggembung tak beraturan. Jadi lebih baik pertimbangkan hal itu ya. Bang Haji Rhoma Irama juga pernah berkata “Begadang jangan begadang bila tak ada artinya.” Coba renungkan sebait lagu tersebut.

Bangun Siang.

Setelah 6 hari kita dituntut untuk bangun pagi agar tidak terlambat berangkat sekolah atau bekerja, mungkin hari libur adalah hari yang paling ditunggu untuk dapat bangun siang. Setidaknya hal ini dapat dilakukan saat hari minggu tiba. Tapi sebenarnya dampak dari bangun siang adalah kita melupakan kegiatan yang bisa dilakukan saat pagi hari. Seperti olah raga, membersihkan rumah, menyiapkan sarapan untuk anggota keluarga atau mungkin melihat cartoon kesayangan yang ditayankan pada pagi hari. Lagipula, pepatah orang tua jaman dulu berkata “jangan bangun siang, nanti rejeki dipatuk ayam”. Mungkin ayam tidak bisa mematuk uang milik kita, namun bila ayam itu memiliki rambut, dan dapat berbicara seperti manusia serta melakukan kegiatan seperti manusia, mungkin pepatah itu bisa saja berlaku.

Makan Pokok Oke, Ngemil Tetep Jalan

Tidak bisa dipungkiri, saat kita bermalas-malasan dirumah, saat itu juga kita merasa tidak mempunyai sesuatu yang harus dikerjakan. Nah, detik itu juga keinginan untuk ngemil datang dan menghantui pikiran kita. Sebenarnya tidak masalah bila hal itu hanya terjadi sesekali. Namun bila hal itu terjadi ketika musim libur panjang, dan terus menerus kita lakukan, tak bisa terbayangkan berapa banyak beban kita akan bertambah. Saran saya, segera selamatkan hari libur anda agar tidak menjadi mimpi buruk bagi kehidupan anda kedapannya.

Kurang Olahraga

Bagi anda yang merasa liburan hanya digunakan untuk bermalasan saja, lebih baik anda coba untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat seperti olahraga. Selain mengisi waktu liburan, olahraga juga membuat tubuh anda semakin segar juga sehat. Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa olahraga dapat membuat tubuh menjadi bugar. Bahkan banyak dokter dan ahli kesehatan yang menyarankan kita untuk rutin berolahraga. Hal ini tentu sudah tidak perlu dipertanyakan lagi.

Nah itulah kebiasaan buruk saat libur panjang, biasanya cukup sulit untuk mengubahnya dan kembali ke rutinitas yang akhirnya ada saja masalah yang terjadi. Hal yang paling sulit itu bergerak dari tempat tidur, kalaupun bangun pasti ribet nyari barang” yang mau dibawa tas, buku, sepatu, seragam, kaos kaki tiba-tiba jadi benda berharga yang sulit ditemukan (LEBAY). Liburan akan lebih berharga jika kita memanfaatkannya untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat tetapi tidak menguras energi hingga membuat kita kelelahan dan merusak kegiatan sehari-hari saat mulai beraktifitas normal. Sebaiknya anda membuta daftar kegiatan sebelum liburan agar waktu liburan dapat dihabiskan secara merata baik waktu untuk keluarga, teman, pacar (kalau ada) dan waktu istirahat total untuk sendirian.

Nah semoga liburan anda kali ini berhasil anda lewatkan bersama orang-orang yang anda cintai tanpa ada rasa menyesal, serta anda memiliki energi dan semangat yang besar untuk kembali beraktifitas normal. Dan bagi yang masih terjebak suasana liburan semangat ya kita harus move on dan melanjutkan aktifitas J Terimakasih.

Sumber :
http://lifestyle.kompasiana.com/catatan/2013/12/29/beberapa-kebiasaan-buruk-saat-liburan-620540.html

No comments:

Post a Comment