Saturday 3 January 2015

AKIBAT BURUK OLAHRAGA PADA MALAM HARI

Olahraga merupakan hal yang terpenting untuk menjaga stamina tubuh. Dengan berolahraga tubuh akan terasa sehat dan segar. Untuk menjaga stamina tubuh dengan berolahraga setiap orang pasti ingin meluangkan waktu berolahraga agar tubuh kembali sehat. Peluang waktu setiap orang berbeda-beda entah pagi, sore, siang, ataupun malam. Tetapi bila olahraga di lakukan di malam hari justru akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh kita.

 




Beberapa bahaya olahraga di malam hari antara lain 
  • Olahraga dilakukan oada malam hari bisa memicu gangguan yang terjadi pada organ pernapasan karena kandungan oksigen di waktu malam lebih sedikit dibanding siang hari. Karena itu, orang yang sering berolahraga malam hari sering mengalami gangguan kesehatan terutama pernapasan.
  • Olahraga pad malam hari juga dapat bagian tubuh tertentu menjadi cidera. Pasalnya, daya penglihatan pada malam hari cenderung berkurang dibanding pada saat siang. Meskipun didukung dengan lampu penerangan yang memadai, namun cahaya lampu berbeda dengan cahaya matahari yang alami yang tentunya lebih baik untuk kesehatan mata.
  • Terlalu sering melakukan olahraga malam akan membuat daya tahan tubuh menjadi semakin berkurang. Apalagi jika di siang harinya anda juga memiliki pekerjaan yang harus dilakukan yang tentunya juga melelahkan. Orang yang sering berolahraga pada malam hari akan lebih mudah sakit dibanding orang yang melakukan olahraga diwaktu siang. Bukannya mendapat manfaat olahraga untuk kesehatan, olahraga pada malam hari justru memberi dampak negatif bagi kesehatan kita.
  • Olahraga malam hari dapat menyebabkan nyeri sendi. Hal ini disebabkan karena suhu udara pada malam hari lebbih dingin, sedangkan suhu tubuh yang hangat dipaksa untuk menerima suhu sekitarnya.
  • Olahraga malam hari sebabkan insomnia. Orang yang berolahraga pada malma hari maka akan lebih segar setelahnya sehingga lebih sulit untuk tidur. Bukannya badan semakin sehat, efek buruk berolahraga saat malam hari malah bisa sebabkan gangguan kesehatan.

Waktu olahraga yang paling baik adalah di pagi hari ketika bangun tidur. Berolahraga di pagi hari akan membuat tubuh lebih sehat dan bugar. Olahraga juga bisa dilakukan pada sore hari sebelum matahari tenggelam. Jika anda terpaksa melakukan olahraga pada malam hari, sebaiknya jangan terlalu sering. Ingatlah akan dampak negatif seperti yang telah disebutkan diatas.

No comments:

Post a Comment