Thursday 11 December 2014

POSISI YANG NYAMAN BAGI LAPTOP(?)

Pada postingan kali ini saya akan membahas mengenai kebiasaan menggunakan laptop. Kebiasaan yang saya bahas bukan untuk apa dan kapan menggunakan laptop, akan tetapi tempat dimana kita menggunakannya lebih tepatnya alas tempat laptop tersebut.

Saat menggunakan laptop sering sekali kita tidak menghiraukan dimana kita meletakan laptop yang terpenting posisi kita nyaman, tentram, damai, sejahterah dan tidak ribet. Ya posisi kita memang nyaman tapi bagaimana dengan posisi laptop sebut saja kondisi kipasnya(?) Hal yang paling terlihat adalah suhu si laptop biasanya sangat panas, tetapi ada hal-hal lain yang belum kita sadari dan akan saya bahas disini.

        

Bagaimana posisi ternyaman anda saat menggunakan laptop(?). Bersandar di dinding, kursi, tempat tidur atau lainnya dan memangku laptop di paha(?). Duduk/tiduran ti sofa atau tempat tidur dan meletakan laptop diatas kasur/bantal(?). Kabar buruknya posisi ini bukanlah posisi yang nyaman bagi laptop dan berikut beberapa tempat lain yang harus dihindari beserta alasan dan solusinya.

Tempat tidur
Menyimpan laptop di tempat yang lembut seperti tempat tidur, dapat menyumbat lubang ventilasi di bagian bawah laptop dan menghambat masuknya udara yang berguna untuk menyejukkan suhu laptop. Sebagai gantinya, gunakan alas khusus laptop, meja, atau setidaknya, buku dengan hardcover untuk melapisi bagian bawah laptop Anda. Intinya, laptop memerlukan permukaan datar untuk menjaga asupan udara dan kestabilan suhu di dalamnya.

Di dekat hewan
Menyimpan laptop di dekat hewan saja sudah berbahaya, apalagi membiarkan hewan peliharaan Anda tidur di atasnya. Bulu-bulu hewan yang rontok dapat beterbangan masuk dan menyumbat lubang ventilasi di bagian bawah laptop. Hasilnya, sistem pendinginan pun terganggu dan dapat menyebabkan overheating.

Lantai
Tak peduli sebersih apapun ruangan Anda, menaruh laptop di lantai itu bahaya besar bagi laptop. Anda tak pernah tahu betapa banyak partikel-partikel mungil serupa debu di lantai yang dapat tersumbat masuk ke dalam lubang ventilasi laptop. Untuk menghindari taruh laptop di tempat yang cukup tinggi dari permukaan lantai, seperti meja atau kursi dengan alas laptop mat atau cooling fan.

Tempat basah
Jangan coba-coba menggunakan laptop sambil minum, apalagi kemudian menyimpan minuman di samping laptop, bisa jadi Anda tidak sadar dan menyenggol dan minuman tumpah pada laptop Anda. Tetesan air dari minuman dapat menimbulkan kerusakan fatal dan konsleting dalam laptop Anda, terlebih jika minumannya tumpah.

Toilet
Anda terlalu sibuk hingga harus mengerjakan pekerjaan Anda hingga ke toilet? Atau Anda maniak internet dan online game, atau hanya sekedar tak ingin mati bosan saat buang air? Buang air sambil baca majalah memang sudah basi, tapi bukan berarti Anda merelakan laptop kesayangan Anda kecipratan air dan mati gosong, kan? Maka jagan lakukan hal konyol yang bisa merusak barang kesayangan Anda

Di dekat asbak
Lebih tepatnya, hindari menggunakan laptop sambil merokok. Asap dan abu rokok dapat menyumbat kipas dalam lubang ventilasi laptop. Asap rokok yang dihembuskan ke arah laptop dapat menyebabkan keyboard menguning. Menaruh asbak di samping laptop juga berbahaya, karena abu rokok yang terbawa angin dapat menyumbat ventilasi dan membuat kinerja laptop Anda menjadi menurun.

Dari beberapa pernyataan tersebut kita dapat mengetahui dampak buruk bagi laptop antara lain:
Panas dari Laptop / Notebook tidak terbuang dengan sempurna yang mengakibatkan panas dari laptop tidak keluar keseluruhan dan panas terjebak mengendap didalam laptop yang akan merusak komponen komponen laptop.
  1. Mesin dari Laptop tersebut lama kelamaan akan semakin panas ( Overheat ) dan mengakibatkan kerusakan pada hardware dari Laptop / Notebook itu sendiri.
  2. Bukan hanya bahaya untuk kondisi laptop akan tetapi juga berbahaya bagi kesehatan kita jika kita menggunakan laptop dengan memangkunya di paha. Beberapa bahaya yang saya dapatkan antara lain :


Dermatitis
Menimbulkan dermatitis, alasanya saat laptop berada di atas pangkuan dalam waktu yang cukup lama, maka akan di di timbulkan rasa hangat yang di hasilkan dari suhu mesin laptop saat menyala lebih lama. Menurut study jurnal Pediatrics, dermatisis pernah di alami oleh seorang bocah usia 12 tahun, karena seringnya menggunakan laptop di atas paha, kulit pada bagian paha bocah tersebut mengalami perubahan warna menjadi lebih kecoklatan karena terpanggang. Selain itu dermatitis juga menimbulkan bintik bintik merah serta rasa sakit.

Berkurangnya jumlah sperma
Jika anda kaum adam, sebaiknya hindari menggunakan laptop di pangkuan. Sebuah riset menyatakan suhu panas yang di timbulkan laptop dapat menurunkan jumlah sperma pada lelaki yang di sebut sebagai hipertermia skrotum.  Bukan hanya berkurang, melainkan kondisi ini juga dapat menimbulkan maslah yang cukup besar di antaranya kemandulan.

Menimbulkan belang di kulit
Kasus lain juga menimpa seorang mahasiswa fakultas hukum virginia. perempuan tersebut semula menilai bahwa warna belang pada bagian pahanya bukanlah masalah besar. Namun setelah dia melihat perubahan setiap hari yang semakin melebar, membuatnya harus berurusan dengan medis. Menurut Dr Kimberley Salkey yang menanganinya, penggunaan laptop selama lebih dari 6 jam/ harinya dapat meningkatkan suhu hingga 50 derajat celcius, dan hal ini yang memicu kerusakan pigmen tersebut. Walaupun untuk jangka pendek bukanlah masalah, namun jika terus di lakukan akan berdampak buruk pada jangka panjangnya, yaitu mengarah kepada kanker kulit.

Nah, demikian pembahasan mengenai tempat menggunakan laptop yang berbahaya. Semoga setelah membaca artikel ini kita mampu mengubah atau setidaknya mengurangi penggunaan laptop yang nyaman bagi kita namun tidak nyaman bagi laptop TERIMA KASIH J.

SUMBER :

No comments:

Post a Comment