Sunday 5 October 2014

MENGUNYAH ES BATU (?)(!)

Pada postingan kali ini saya akan berbagi cerita mengenai hal yang sering dilakukan sehari-hari namun menyimpan banyak resiko yang berbahaya.

  

Es Batu ???? Es Batu ?????

Saya termasuk golongan orang yang gemar mengunyah es batu hampir setiap hari, bukan hanya saat meminum minuman dingin dengan es batu bahkan saya sengaja membuat es batu untuk langsung dikunyah/dimakan begiti saja seperti cemilan begitulah. Kebiasaan ini saya lakukan sejak kecil tidak jarang orang disekitar saya memperingatkan akan bahaya mengunyah es batu. Peringatan itu mulai dari nanti giginya gak numbuh lagi lah, nanti gusinya bengkak lah, nanti pas tua giginya cepet ompon lah. Tapi tidak satupun yang saya dengarkan toh sampai sekarang belum ada gejala-gejala aneh yang menandakan hal itu akan terjadi. Akan tetapi tidak semua orang kebal es batu seperti saya, ada beberapa orang kebanyakan mengalami gangguan karena kebiasaan ini. Saya pun mencoba mencari tahu apa saja bahaya mengunyah es batu dan sedikit mengurangi kebiasaan ini berharap nantinya bisa benar-benar berhenti.
Berikut beberapa bahaya mengunyah es batu dari berbagai sumber :

Bahaya Mengunyah Es Batu pada Anak
Menurut Prof. DR. Ismu Suharso Suwelo, Drg. SpKGA , ketika kita melihat anak sedang asyik mengunyah es batu, sebaiknya kita tidak mendiamkannya.
"Es batu jangan dianggap sepele. Karena es batu bisa membuat gigi rusak dan temperatur suhu di rongga mulut menurun secara mendadak," katanya menjelaskan. 
Nah, kalau sudah begitu, seluruh jaringan gigi anak akan rusak. Misalnya, email gigi (pelindung gigi) akan cepat menipis. Kalau sudah tipis, maka kemungkinan berlubang jadi lebih besar.
"Coba perhatikan, kalau si kecil sudah mengeluh giginya ngilu, itu pertanda awal, email giginya sudah menipis," kata Pak Dokter. 
Selain itu, bila si kecil makan es batunya dikunyah atau digigit-gigit, giginya cepat aus atau susut karena tergesek-gesek.
Lebih parah lagi, giginya bisa patah, lho. Memang, sih, gigi tersebut akhirnya tanggal dan digantikan gigi baru yang sempurna. "Namun sensitivitas gigi jadi berkurang hingga lama kelamaan bisa berlubang juga."
Bahaya Umum Mengunyah Es Batu
Karena akibat dari mengunyah es batu maka secara langsung akan merusak gigi dan mengikis enamel gigi, begitu menurut Dr Igal Elyassi, ahli kosmetika gigi dan pemilik Wilshire Smile Studio Dental Group di Los Angeles. Dan menurut Elyassi, kerusakan itu akibat aktivitas gigi dalam upaya memecahkan substansi yang keras dalam waktu lama. Akibatnya, gigi yang terkena bisa menjadi lebih pendek. Atau, ketika Anda mengunyah es dalam jumlah banyak, bisa-bisa seluruh gigi Anda bisa rontok. 

Bahaya lain berasal dari es batu yang tidak sehat
 
                                               

Bahaya yang ini yang paling mengerikan karena tanpa di kunyah pun sudah memiliki dampak yang mengerikan.
Jelas kita sering makan di tempat makan baik WARUNG PINGGIR JALAN ataupun RESTORAN dan sudah pasti memesan minuman dingin bahkan sering kali dengan es batu yang diperbanyak. Berhati-hatilah karena sebagian besar mereka memasok persediaan es batu dari para penjual es balok yang biasanya berasal dari air yang tidak bersih. Bahkan ada penelitian yang berhasil menemukan kandungan bakteri E-COLI jauh diatas normal (10.000 - 20.000 per mL). Dengan kata lain es batu ini lebih kotor dari air toilet.
Setelah mengetahui kasus ini saya sempat tidak memesan minuman dengan es yang terlalu banyak namun sekarang saya tetap saja memesan minuman dengan porsi es batu ++ dan selalu memakan es batunya bahkan minumannya hanya saya minum sedikit. Entah bagaimana saya bisa menghentikan kebiasaan ini namun saya harap anda tidak melakukan apa yang saya lakukan ini :).
Setelah mengetahui bahaya mengunyah es batu ini saya berharap anda mampu sedikit mengurangi kebiasaan buruk ini, kareana saya pun berusaha untuk menguranginya. Semoga kita dapat memulainya dengan baik dan semoga kita bisa hidup dengan sehat Terima Kasih :).




2 comments:

  1. Saya juga penggemar es batu dan kebal . Saya sudah 2 tahun suka dengan es batu dan banyak gejala yang saya alami . Mulai dari gigi saya yang goyang2 , dan tubuh saya yang putih pucat kekurangan darah . Saya heran dengan diri saya sendiri kenapa saya suka memakan es batu . Itu GILA

    ReplyDelete
  2. Mau berhenti dari mengunyah es batu gimana?

    ReplyDelete