Friday 28 December 2012

Pemanfaatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Bagi Perkembangan Masyarakat

 

 A.     Manfaat Teknologi Terhadap Kebutuhan Pokok Manusia. 
  • Pangan (makanan)
  1. Ditemukannya bibit unggul yang dalam waktu singkat dapat diproduksi berlipat ganda.
  2. Digunakannya mekanisasi pertanian untuk memungut hasil produksi sehingga hasilnya lebih besar bila dibandingkan dengan menggunakan tenaga manusia.
  3. Digunakannya bioteknologi (misalnya hormon tumbuhan) untuk merangsang tumbuhnya daun, bunga, atau buah sehingga tumbuh lebih banyak.
  4. Dikembangkannya pembuatan pangan dari minyak bumi, penyempurnaan gizi sereal  pembuatan pangan protein dari daun-daunan dan pembuatan produk daging tiruan dari sumber protein nabati.
  • Sandang (pakaian)
  1. Adanya mesin tekstil mempercepat proses pembuatan pakaian.
  2. Dengan kemajuan teknologi, telah ditemukan serat sintetis, seperti poliester, polipropelin, polietilin, dll, sehingga pembuatan tekstil dapat dilakukan secara besar-besaran dalam waktu yang singkat.
  • Papan (Tempat Tinggal)
  1. Dengan menerapkan teknologi maju, manusia mampu membangun rumah dan gedung-gedung pencakar langit. Orang tidak lagi menggunakan tangga, tetapi cukup dengan menekantombol dan dalam sekejap saja orang sudah sampai di lantai yang dituju. Sampai abad inimanusia berusaha memanfaatkan lautan dan antariksa sebesar-besarnya melalui pulau-pulau buatan disertai peternakan dan perkebunan laut.

B.     Manfaat Terhadap Pendayagunaan SDA
a.         Perkembangan teknologi dapat dimanfaatkan untuk menaikkan kuantitas suatu produk.
  • Dalam bidang pertanian
Dengan teknologi material dapat ditentukan jenis tanah suatu lahan, kandunganunsur-unsur yang diperlukan oleh tanaman sehingga dapat ditentukan pupuk yang paling tepat. Dengan kemajuan teknologi bibit unggul dapat diketahui dengan menggunakan sinar radioaktif, contohnya jenis padi Atomita I hasil mutasi buatan dari padi Pelita I yang tahan wereng cokelat dan hijau. Dengan teknologi modern, orang dapat mengetahui syarat tumbuhnya suatu tanaman. Bagi negara yang lahan pertaniannya sangat terbatas, mereka meningkatkan kuantitas produksi pangan dengan mengembangkan tanaman yang bergantung di atas air yang mengalir yang dilengkapi unsur-unsur yang dibutuhkan tumbuhan.
  • Dalam bidang Industri
Kita ambil contoh industri pengolahan minyak kelapa sawit.Penggunaan teknologi maju dapat mengurangi banyaknya minyak yang menguap dan jumlah minyak yang tertinggal pada ampas. Kemajuan teknologi akan meningkatkan kemampuan produktivitas dunia industribaik dari aspek teknologi industri maupun pada aspek jenis produksi. Di masa depan, manfaat perkembangan teknologi di dunia industri akan semakin penting, dimana kemungkinan konsumen secara individual melakukan kontak langsung dengan pabrik sehingga pelayanan dapat dilaksanakan secara langsung dan selera individu dapat dipenuhidan yang lebih penting konsumen tidak perlu pergi ke toko.
b.    Perkembangan teknologi dapat menaikan kualitas / mutu produksi, misalnya pada pengolahan  minyak bumi, yang semula kita mengenal bensin, sekarang kita mengenal premium.
c.      Pengolahan SDA yang efektif dan efisien dapat menambah ragam produksi, misalnya                 ketelapohon selain dapat dibuat gaplek juga dapat dibuat gula cair.

C.     Manfaat Teknologi Terhadap SDM
  1. Perkembangan teknologi dapat mendorong manusia untuk mendayagunakan SDA secara lebih efektif dan efisien. Manusia dapat menguah sistem transportasi dan komunikasi sehingga memudahkan semua kegiatan.
  2. Perkembangan teknologi dapat menaikan kualitas SDM (keterampilan dan kecerdasan manusia), karena membuka kemungkinan tersedianya sarana dan prasarana penunjang kegiatan  ilmiah. Selain itu, juga terbuka kemungkinan meningkatkan kemakmuran dan
    peningkatan intelegensi manusia.
  3. Tekanan, kompetisi yang tajam di berbagai aspek kehidupan sebagai konsekuensi globalisasi, akan melahirkan generasi yang disiplin, tekun dan pekerja keras.
  4. Manfaat Terhadap Komunikasi dan Transportasi.
a.   Komunikasi
  • Dengan teknologi modern, manusia dapat menciptakan telegram (pertengahan abad ke 20) yang dapat dipakai untuk menyampaikan pesan sampai ribuan km dalam waktu beberapamenit saja.
  • Dengan teknologi modern, manusia dapat menciptakan telepon (diciptakan oleh Bell tahun1876) sehingga dapat berkomunikasi langsung walaupun jaraknya sangat jauh. Sampaisekarang manusia sudah dapat membuat berbagai jenis telepon genggam dengan berbagai dan kelebihan masing-masing.
  • Ditemukannya pesawat radio (oleh Marconi 1896) untuk mengirim dan menerima berita tanpa melalui kawat penghubung. - Ditemukannya televisi yang dapat mengirim suara dan gambar hidup kepada para pemirsa jarak ratusan kilometer dari objek yang disaksikan.
  • Ditemukannya alat komunikasi terbaru, yaitu satelit yang dikombinasikan dengan radio dan televisi. Dengan alat ini orang dapat melihat wajah lawan bicara walaupun keduanya berada dibelahan bumi yang berbeda.
  • Ditemukannya komputer. Para ahli seperti dokter, ahli hukum, administrator dan sebagainya dapat dengan mudah, tepat dan cepat mendapatkan informasi yang diperlukan dari komputer, karena komputer dapat menyimpan data atau informasi dalam jumlah yang banyak, dan dalam waktu yang singkat dapat ditampilkan data / informasi yang diperlukan.
  • Dengan berkembanganya teknologi maka dibuatlah satelit komunikasi / satelit domestik. Beberapa contoh satelit komunikasi antara lain Wester di Amerika Serikat. Anik di Kanada,  Molnya di Rusia dan Palapa di Indonesia.
  • Ditemukannya radar
b.  Transportasi
  • Sebelum adanya perkembangan teknologi, transportasi dilakukan dengan jalan kaki, berkuda, kereta lembu, kereta kuda, atau unta untuk dipandang pasir. Namun setelah teknologi berkembang, orang dapat membuat sarana dan prasarana transportasi. Untuk transportasi di darat, misalnya sepeda motor, mobil, bus, truk, kereta api, jembatan dengan kekuatan tertentu sesuai dengan kebutuhan kendaraan yang boleh melewatinya. Untuk transportasi laut dibuat kapal laut, untuk transportasi udara diciptakan industri pesawat terbang dengan kecepatan lebih besar dari kecepatan suara. Pesawat yang menggunakan teknologi tinggi, misalnya pesawat Concorde 602 (pesawat terbang transportasi supersonik) yang mempunyai kecepatan 1400 mil/jam. Dengan pesawat Concorde 602, jarak London-New York dapat ditempuh dalamwaktu ± 3 1/2 jam.  Dengan teknologi maju, orang juga telah dan terus berusaha mengadakan eksplorasi ke antariksa untuk mencari kemungkinan migrasi ke planet lain. Dengan kemajuan teknologi dan usaha eksplorasi ke antariksa, para ahli membuat pesawat angkasa yang digunakan untuk meneliti dan mencari data-data di luar bumi untuk kebutuhan hidupnya.

D.     Manfaat Teknologi di Bidang Pendidikan
  • Munculnya media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat pendidikan.
  • Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru, yang memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran
  • Sistem pembelajaran tidak harus melalui tatap muka, tetapi bisa juga menggunakan jasa pos internet dan lain-lain.


Sumber


No comments:

Post a Comment